Android

3 Cara Mengatasi Sistem Android Error Dengan Tepat

Cara Mengatasi Sistem Android Error Dengan Tepat – Bagi kamu yang sedang mengalami sistem Android error atau rusak tiba – tiba maka langkah kamu sudah tepat berada di artikel yang akan admin bahas secara lengkap bagaimana cara tepat mengatasi sistem Android error atau berhenti tiba – tiba ini.

Banyak faktor yang disebabkan sistem Android menjadi error sehingga smartphone kamu mengalami masalah seperti misalnya hp tidak mau hidup, hp mendadak mati, rusak karena hp basah terkena air, hp hanya menampilkan logo saat dinyalakan / mentok logo, hingga baterai hp menjadi kembung atau bocor. Sebenarnya semua hal tersebut kamu bisa mengatasinya.

Jika kita lihat dari sisi hardwarenya, bisa saja penyebab smartphone rusak dikarenakan beberapa hal yang salah satunya ialah jatuh atau kecelakaan. Berbeda cerita jika kita lihat kerusakan yang terjadi pada sisi softwarenya, memang resiko error / rusak lebih rentan terjadi pada smartphone ketimbang hp biasa. Hal ini dikarenakan smartphone sudah dilengkapi dengan OS yang cenderung dinamis terhadap update sistem, root hingga serangan virus. Salah masalah yang sering terjadi pada smartphone yang tiba – tiba error atau berhenti ialah karena masalah yang terjadi pada sistem UI Android tersebut.

Cara Mengatasi Sistem Android Error Dengan Tepat

Sistem UI merupakan bagian terpenting di dalam smartphone berperangkat Android tersebut. Sistem UI bertugas untuk menjalankan semua tugas dan fungsi di smartphone, ibaratnya otak pada pada manusia. Kerusakan yang terjadi pada sistem UI ini dapat berakibat fatal sehingga semua aplikasi yang sedang dijalankan terhenti tiba-tiba dan bahkan bisa berlanjut ke hp mendadak mati. Jika hal ini sudah terjadi, maka silahkan kamu simak sampai selesai penjelasan admin mengenai cara mengatasi sistem Android error ini agar kamu tidak gegabah dan salah langkah.

Sebenarnya saat ini sudah tersedia beberapa aplikasi memperbaiki sistem Android, namun dalam penggunaan aplikasi tersebut rasa – rasanya dibutuhkan sedikit keahlian agar tidak salah langkah yang malah nantinya dapat membuat smartphone kamu semakin menjadi rusak.

Sistem UI merupakan singkatan dari User Interface, berperan penting dalam mengatur tampilan. Oleh karena itulah kehadiran sistem UI di perangkat Android ini akan sangat berpengaruh terhadap tampilan layar di smartphone kamu. Jika sistem Android error atau rusak maka otomatis layar smartphone kamu akan ngeblank dan menjadi warna hitam pada umumnya.

Faktor lain yang dapat menyebabkan sistem Android error ialah ketika kamu pernah merubah sendiri pengaturan sistem Android. Bisa saja hal tersebut membuat beberapa software yang diinstall dan sistem Android tidak saling support / mendukung, akibatnya akan muncul pesan error.

Nah, bagi kamu yang sedang bingung dan belum mengetahui cara mengatasi sistem Android error ini kamu dapat mengikuti 3 Cara Mengatasi Sistem Android Error yang akan admin bahas di bawah ini. Beberapa cara yang akan admin bahas ini merupakan cara – cara yang sangat dasar, sehingga tidak akan berbahaya bagi kamu yang masih awam dan ingin memperbaikinya. Untuk itu jangan khawatir, silahkan coba cara berikut ini :

1. Update Firmware

Cara pertama mengatasi sistem Android error yang bisa kamu coba ialah dengan mengupdate Firmware. Terkadang ketika menjalankan sistem operasi di smartphone Android bisa saja aplikasi yang kita jalankan tersebut tidak sempurna, mengingat masih banyak ditemukan Bug di dalam aplikasi tersebut sehingga membuat sistem operasi Android menjadi error atau rusak. Sebenarnya hal ini sangat wajar terjadi, mengingat smartphone berbasis Android ini sejatinya mampu menjalankan dan menyimpan banyak aplikasi.

Oleh karena itulah cara jitu mengatasi sistem Android error pada hp ialah dengan rutin melakukan update pada Firmwarenya. Dengan melakukan update Firmware akan membantu sistem kerja smartphone kamu bertambah lancar dan optimasi sistem pun semakin baik. Untuk dapat menemukan update Firmware ini kamu bisa pergi ke Pengaturan smartphone > Tentang Ponsel, kemudian pilih Perbarui Sistem dan Update Firmware versi terbaru.

2. Reboot Android

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sistem Android error atau mendadak berhenti ialah dengan cara me-reboot atau me-restart smartphone Android kamu, karena dengan reboot sistem ini akan membuat sistem Android kamu menjadi segar kembali. Oleh karena itulah error atau kerusakan sistem yang terjadi pada smartphone kamu sebelumnya dapat teratasi dengan seketika. Namun cara ini berlaku untuk error yang tidak terlalu parah.

Untuk dapat melakukan reboot atau restart ulang smartphone kamu bisa dengan menekan tombol power selama beberapa detik dan kemudian pilih restart atau reboot. Tunggu proses reboot atau restart ulang Android hingga selesai, pastikan smartphone sudah kembali hidup dan berjalan dengan normal.

3. Hard Reset

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk dapat memperbaiki sistem Android error ialah dengan melakukan Hard Reset. Dengan melakukan cara ini maka sistem Android yang kamu miliki akan kembali seperti pada pengaturan awal. Oleh karena itu kemungkinan besar error – error yang tidak dapat kamu perbaiki dengan 2 cara di atas dapat diatasi dengan cara ini. Namun, admin sarankan sebaiknya sebelum kamu melakukan Hard Reset ini ada baiknya kamu lakukan back up data terlebih dahulu agar data – data yang penting tidak ikut dibersihkan. Untuk dapat memperbaiki sistem Android error dengan cara Hard Reset ini dapat kamu lakukan dengan pergi ke menu pengaturan smartphone kamu dan pilih setel ulang, kemudian klik.

Nah, mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini. Jika 3 Cara Mengatasi Sistem Android Error di atas masih belum bisa untuk memperbaiki sistem Android error yang kamu miliki maka admin sarankan untuk segera pergi ke Service Center terdekat untuk menghindari kerusakan – kerusakan yang lebih parah dan berkelanjutan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close